Backup dan Restore Game di Steam

Game

Buat teman-teman yang berlangganan paket internet dengan sistem kuota, membackup sebuah game adalah langkah yang tepat untuk mengurangi penggunaan kuota untuk mendownload game lagi jika suatu saat komputer rusak dan mengharuskan install ulang sehingga data game yang ada hilang. Steam sudah menyediakan fitur untuk backup dan restore game, yuk simak bagaimana cara melakukannya.

Langkah-langkah backup

1. Buka aplikasi steam dan masuk ke menu library.

2. Di sebelah kiri akan muncul list game yang teman-teman sudah pernah beli ataupun install. Pilih salah satu game yang ingin dibackup. Klik kanan pada nama game tersebut untuk memunculkan popup seperti gambar di bawah:

3. Dari popup di atas, pilih Backup Game Files dan akan muncul pilihan game mana yang akan dibackup. Awalnya tadi saya pilih game Craft The World, sehingga di popup ini otomatis game Craft The World akan dicheck. Jika teman-teman ingin membackup game lain, bisa check juga game lainnya. Jika sudah dipilih lalu tekan Next.

4. Pilih lokasi dimana teman-teman ingin menyimpan file backup ini, jika sudah tekan Next.

5. Setelah itu tentukan nama file backupnya dan tentukan ukuran setiap filenya. Ukuran file ini perlu diperhatikan jika teman-teman ingin menaruh hasil backup ke dalam CD atau DVD. Jika sudah lalu tekan Next  dan tunggu proses backup selesai.

Langkah-langkah restore game

1. Klik menu Steam di sebelah pojok kiri atas. Kemudian akan muncul popup dan pilih Backup and Restore Games.

2. Kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini dan pilih Restore a previous backup, kemudian klik Next.

3. Kemudian pilih lokasi file game yang telah dibackup sebelumnya. Jika sudah, klik Next.

4. Lalu akan muncul pilihan untuk membuat shortcut di dekstop atau di start menu, teman-teman bisa tentukan sendiri. Dan juga jika game yang ingin dibackup belum ada atau belum terinstall di steam, maka akan muncul juga pilihan untuk menentukan lokasi dimana game ini akan diinstall, seperti gambar di bawah ini:

5. Setelah itu klik Next dan tunggu proses restore selesai.

 

Sekian tutorial kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Seperti biasa, jika ada masukan atau saran untuk membuat tutorial tertentu silahkan berikan komentar di bawah. Terima kasih.

%d bloggers like this: