Cara Mengatur Stop Kontak Timer Digital

Elektronik

Stop kontak timer sangat berguna sekali untuk peralatan yang membutuhkan automatisasi on dan off setiap harinya. Jadi kita tidak perlu menghidupkan dan mematikan peralatan tersebut secara berulang-ulang setiap harinya.

Awal saya menggunakan stop kontak timer ini adalah untuk automatisasi lampu akuarium yang saya punya. Soalnya agak merepotkan kalau setiap hari saya harus menghidupkan dan mematikan lampu akuarium saya. Belum lagi kalau saya sedang bepergian, sehingga tidak bisa melakukan hal tersebut.

Di tutorial kali ini saya akan membagikan cara mengaturnya. Saya menggunakan stop kontak timer yang digital dengan merek Heles. Dan seperti inilah bentuknya:

Saya akan jelaskan pada bagian LCD dulu. Dibagian LCD bisa dibagi menjadi 4 bagian yaitu seperti gambar di bawah:

  1. Menunjukan hari, su untuk sunday. Karena sedang tidak dalam pengaturan timer, maka hari yang ditampilkan menunjukkan hari saat itu.
  2. Jam dan menit.
  3. Mode timer, terdapat 3 mode yaitu Manual On, Auto dan Manual Off.
  4. Indikator random, jika muncul kata Random, maka timer akan bekerja secara acak untuk menghidupkan dan mematikan.

Setelah LCD, mari kita lihat pada bagian tombol-tombolnya. Terdapat 8 tombol hitam dan 1 lubang kecil. Lubang ini seharusnya ada tombol kecilnya juga, tapi punya saya sepertinya hilang 😀 Dan berikut adalah macam-macam tombolnya:

  1. Week, untuk mengatur hari. Nantinya ini digunakan untuk mengatur hari saat ingin mengatur clock dan timer.
  2. Hour, untuk mengatur jam.
  3. Minute, untuk mengatur menit.
  4. Res/Rcl, kepanjangan dari res adalah reset dan rcl adalah recall. Ini nanti akan digunakan untuk mengatur clock dan timer.
  5. Clock, tombol ini fungsinya untuk mengatur hari, jam dan menit dari stop kontak ini.
  6. Timer, fungsinya untuk mengatur fitur timer. Untuk lebih detail nanti akan kita bahas bersama-sama.
  7. On/Auto/Off, ini adalah mode. On dan off maksudnya adalah menghidupkan dan mematikan stop kontak ini secara manual. Sedangkan auto adalah menghidupkan dan mematikan secara otomatis sesuai dengan timer yang telah diatur.
  8. Random, jika random diaktifkan maka stok kontak akan menghidupkan dan mematikan secara acak.
  9. Master Clear, fitur ini saya belum pernah coba karena tombolnya tidak ada 😀 Mungkin jika tombol master clear ditekan, stop kontak akan diatur semuanya seperti waktu pertama kali dibuat di pabrik.

Cara mengatur hari, jam dan menit(clock)

Hari, jam dan menit yang diatur di pabrik pembuatan stop kontak ini mungkin berbeda dengan hari, jam dan menit di daerah teman-teman. Oleh karena itu kita perlu mengatur ulang supaya sama dengan waktu di daerah teman-teman. Langkah-langkanya sebagai berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol clock.
  2. Sembari ditahan, tekan tombol week, hour dan minute untuk mengatur hari, jam dan menit.
  3. Setelah waktu di stop kontak sesuai dengan waktu di daerah teman-teman, lepaskan tombol clock.

Cukup mudah bukan? Jika teman-teman gagal atau kesusahan melakukan ini, silahkan tinggalkan komentar di bawah.

Cara mengatur timer

Jumlah timer yang disediakan oleh stop kontak yang saya pakai, berjumlah 8. 8 ini maksudnya kita bisa mengatur kapan hidup dan mati diwaktu tertentu sebanyak 8 kali. Jadi 1 timer terdiri dari waktu hidup dan waktu mati. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaturnya:

  1. Tekan tombol timer. Perhatikan di bagian kiri LCD akan muncul kata On dan angka 1 di bawahnya. Ini artinya timer siap untuk diatur waktunya untuk kondisi hidup pada posisi 1. Semisal kita atur waktunya hari minggu, jam 08 dan menit 00. Maka stop kontak akan otomatis menyala pada hari minggu pukul 8 pagi.
  2. Tekan tombol timer lagi dan perhatikan di bagian kiri LCD. Kata yang tadinya On akan berubah menjadi Off dan angka 1 tidak berubah. Ini artinya timer siap untuk diatur waktunya untuk kondisi mati pada posisi 1. Semisal kita atur waktunya hari minggu, jam 10 dan menit 00. Maka stop kontak akan mati secara otomatis pada hari minggu pukul 10 pagi.
  3. Tekan tombol timer satu kali lagi. Maka akan muncul kata On dan angka 2. Sekarang timer sudah berada pada posisi timer ke 2. Jika teman-teman membutuhkan timer lebih dari satu, silahkan atur juga di posisi yang lain.

Saat mengatur timer, kita bisa memanfaatkan fitur reset dan recall.

  • Fitur reset akan membuat timer tidak mempunyai waktu lagi. Dan ini berlaku untuk On dan Off secara berpasangan, jika kita mengatur salah satu, maka yang satunya juga akan mengikuti. Perlu diingat, waktu yang diatur sebelum direset, akan disimpan dalam memori.
  • Fitur recall, jika tombol ini ditekan maka waktu timer akan muncul kembali. Nilai dari waktu yang dimunculkan tergantung dari waktu sebelum direset. Jika belum pernah diatur sama sekali, maka akan muncul waktu hari senin, jam 00 dan menit 00.

Sekian tutorial kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman. Jika ada pertanyaan atau kendala tentang tutorial ini, bisa disampaikan di kolom komentar.

%d bloggers like this: