Cara Menggunakan TDS Meter

ElektronikTanaman

Bagi teman-teman yang akan memulai menanam tanaman dengan metode hidroponik, alat TDS meter ini sangat wajib dipunyai. Karena dengan alat ini kita bisa tahu seberapa pekat larutan nutrisi yang kita berikan pada air tempat hidup tanaman.

Di tutorial kali ini saya akan membagikan cara bagaimana menggunakan TDS meter. TDS meter yang saya gunakan terdapat 3 buah tombol, yaitu : ON/OFF, TEMP dan HOLD. Bentuk fisiknya seperti di bawah ini:

Fungsi dari masing-masing tombol:

1. ON/OFF, tombol ini untuk menghidupkan dan mematikan TDS meter.

2. TEMP, fungsi tombol ini untuk berpindah pengukuran dari mengukur PPM pindah ke Suhu ataupun sebaliknya.

3. HOLD, tombol ini digunakan ketika kita tidak bisa melihat secara langsung tampilan pada LCD saat pengukuran. Sehingga setelah kita mencelupkan TDS meter ini ke dalam air, kita tekan HOLD dan LCD akan freeze atau menyimpan hasil pengukuran. Untuk memulai mengukur lagi, tekan HOLD sekali lagi.

Keterangan pada layar LCD

 

  1. Terdapat angka 164 dan pengali x10. Itu artinya nilai ppm yang sedang diukur adalah sebesar 1640. Karena jumlah digit pada LCD hanya maksimal 3 sehingga ditambahkan lah pengali.
  2. Terdapat kata HOLD, artinya TDS meter sedang dalam kondisi HOLD. Kita tidak bisa mengukur jika dalam kondisi ini, oleh karena itu jika ingin mengukur kembali, tekan HOLD sekali lagi.

Cara menggunakannya:

  1. Hidupkan TDS meter dengan menekan tombol ON/OFF.
  2. Lalu celupkan ujung TDS meter ke dalam larutan yang ingin diuji.
  3. Jika layar LCD susah dibaca, tekan tombol HOLD untuk menyimpan sementara hasil pengujian.
  4. Kemudian lihat hasil pengukuran pada LCD. Jangan lupa jika terdapat pengali, angka yang muncul dikalikan dengan pengali tersebut.

Cara mengganti baterai

Jika tulisan pada LCD semakin tidak jelas atau semakin meredup, itu bisa saja karena baterai sudah mulai melemah. Cara menggantinya cukup mudah, yaitu:

1. Buka tempat baterai yang berada pada ujung pangkal TDS meter.

2. Setelah terbuka maka akan kelihatan 2 baterai seperti di bawah ini:

Baterai tersebut bisa dibeli di toko jam ataupun toko elektronik. Jika sudah punya 2 baterai pengganti, copot baterai lama dan pasangkan baterai yang baru.

3. Masukkan kembali tempat baterai ke dalam TDS meter.

Sekian dulu tutorial tentang TDS meter ini, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman khususnya bagi yang akan memulai menanam tanaman menggunakan metode hidroponik. Karena kepekatan nutrisi ini sangat penting untuk dikontrol setiap harinya agar tanaman bisa berkembang dengan baik. Terima kasih sudah mampir membaca tutorial ini.

%d bloggers like this: