Scan Teknologi Website dengan Wappalyzer

Software

Sebuah website dibangun dengan menggabungkan beberapa teknologi. Terkadang suatu teknologi bisa diamati secara mudah dari tampilan website tersebut ataupun dari cara interaksinya dengan pengguna. Namun jika sebuah website dibuat dengan banyak macam teknologi dan kustomisasi dari developer, maka akan sangat sulit dideteksi.

Di tutorial kali ini saya akan memberikan cara bagaimana melihat teknologi yang dipakai oleh suatu website. Saya akan menggunakan sebuah extensi dari Chrome yang bernama Wappalyzer.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Yang teman-teman perlu lakukan terlebih dahulu adalah siapkan browser Chrome, jika belum punya bisa diunduh dulu di https://www.google.com/chrome/.

2. Jika Chrome sudah siap, saatnya mengunduh sebuah extensi bernama Wappalyzer. Teman-teman bisa buka webstore dari Chrome dan cari Wappalyzer atau ikuti link berikut: https://chrome.google.com/webstore/detail/wappalyzer/gppongmhjkpfnbhagpmjfkannfbllamg. Jika sudah kebuka halaman webstore dari Wappalyzer, tinggal klik Install/Tambahkan ke Chrome.

3. Jika proses pemasangan extensi berhasil maka akan muncul icon Wappalyzer pada sebelah kanan atas Chrome seperti gambar di bawah ini:

4. Untuk testing, saya akan coba melihat teknologi yang digunakan oleh website https://tutorialapasaja.com. Teman-teman bisa juga testing website lain. Setelah membuka sebuah website, lalu klik icon Wappalyzernya. Nanti akan keluar teknologi yang dipakai di website tersebut. Dan inilah hasil scan dari Wappalyzer dari blog ini:

Mudah bukan caranya? Tapi perlu teman-teman ketahui, ini tidak selalu berhasil. Contoh website seperti facebook tidak bisa discan dengan Wappalyzer ini.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan untuk tutorial kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman. Terima kasih.

%d bloggers like this: